Senin, 04 Mei 2015

BANK SAMPAH SEHATI

Sehati atau satu hati
semangat yang bersatu


Cuaca kota Bandung di jumat pagi ini cukup sejuk.Suasana jalanan sudah mulai ramai dengan berseliwerannya kendaraan di mana mana.Dulu kota ini begitu menarik perhatian banyak orang karena keelokan dan kekhasan daerahnya.Begitu banyak julukan untuk kota ini, tapi apakah untuk saat ini nama besar itu masih ada...........


Saatnya memulai aktifitas. Tempat yang bakal saya kunjungi hari ini yaitu Bank Sampah Sehati, dari namanya saja sudah terbayang bakal ada kisah menarik yang bakal saya dapat ketika sesampainya disana.

Sebelum ke Topik utama saya ingin bercerita dulu awal mula menemukan tempat yang satu ini.Berawal dari informasi dari teman yang bernama Rifaldy. Beliau teman kerja saya semasa masih di KPU. Dia juga alumni salah satu universitas negeri di kota Bandung. Pernah mengunjungi tempat yang satu ini menjadi pengalaman menarik baginya, semasa kuliah aktif di organisasi lingkungan mengantarkannya bisa tahu tempat tempat yang berhubungan dengan aktifitas keorganisasiaanya.


Bercerita banyak hal ke saya tentang isu lingkungan membuat diri ini semakin terpacu dan ingin terjun bebas rasanya merasakan aktif sebagai pecinta lingkungan. Singkat cerita saya menanyakan tempat tempat yang rekomended untuk bisa saya datangi sebagai bahan survey. Nama yang pertama muncul saat itu  adalah "Bank Sampah Pa Yoyo" yang terletak di bandung timur. Dia hanya memberitahu nama tempatnya dan alamat seadanya, maklum sudah lupa katanya.


Tempat ini beliau angkat karena dengan segudang prestasi dan juga jadi tempat para mahasiswa dan masyarakat umum untuk belajar penanganan sampah dengan skala RW.
Tentunya hati saya semakin semangat untuk segera pergi ketempat itu, Untuk menuju tempatnya cukup mudah tapi butuh perjalanan yang panjang karena harus menyusuri jalan soekarno hatta yang terbilang panjang, lumayan sedikit jauh tapi tidak menyurutkan saya untuk bisa sampai disana.


Singkat cerita sampailah saya di titik survey pertama di hari jum'at ini.
kesan pemukiman yang asri pertama dalam benak ini begitu sampai

Tampak depan Bank Sampah Sehati

Pintu masuk


Sudah kebayangkan gimana kalo masuk, sekarang saya bakal cerita singkat awal berdirinya BANK SAMPAH SEHATI
Pengelolaan Bank sampah "SEHATI" berawal dari keikutsertaan RW 09 kel. cipadung kidul kec. panyileukan dalam program Bandung Green and Clean Tingkat Kota bandung pada Tahun 2010.
berkat kerja keras dari pengurus dan warga sekitar, maka pada tanggal 11 september 2011 di resmikanlah bank sampah " SEHATI ", setelah mendapatkan bantuan berupa Gedung Bank Sampah dari Yayasan Bank Danamon Peduli.


Pada Tahun 2015 ini jumlah nasabah yang bergabung sudah mencapai 120 orang.
produk Bank Sampah Sehati
1. Simpanan/ tabungan
2. Pinjaman
3. Pinjam uang bayar dengan sampah

Beberapa hasil daur ulang dan kerajinan di Bank Sampah Sehati

Tempat Sampah dari Tutup botol bekas








Tas belanja dari bekas gelas plastik minuman

Tempat tisu dari koran
Sebenarnya masih banyak lagi produk yang di hasilkan dari tangan kreatif ibu ibu disana. barang yang di terima di bank sampah sehati diantaranya :
gelas air mineral
botol air mineral
koran
dus
duplex
besi
almunium
arsip
Pengelolaan di bank sampah ini sudah mempunyai susunan pengurus dan memang mayoritas ibu ibu kecuali sang penanggung jawab Bapak Yoyo sekaligus Ketua Rw 09. Nah sekarang baru tahu kan ternyata bapak Yoyo ini selaku penanggung jawab bukan nama bank sampah yang di katakan teman saya sebelumnya. kalo pingin lebih jelasnya tempat ini berada di samping gedung fasum RW 09 Bumi Panyileukan P7 no. 9A
Hari dan jam operasionalnya : selasa, jum'at,minggu jam 08.00 - 11.00 wib
Nah kenapa jam operasionalnya terbatas karena pengelola bank sampah rata - rata ibu ibu yang mempunyai kesibukan masing - masing. Kerennya juga semuanya secara sukarela dalam mengelolanya. Tunggu apalagi ayo salurkan barang tidak terpakai ato  barang bekas ke bank sampah.semoga bermanfaat
Hatur Nuhun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar