Selasa, 05 Mei 2015

BANDAR BARANG BEKAS TATU

Melihat tempat dengan tumpukan barang bekas dan terkesan jorok bagi sebagian orang mungkin tidak biasa. Namun tidak dengan Pak Bandi panggilan akrab beliau. Di tempatnya yang terletak di jalan Parakan saat Kota Bandung pemandangan tumpukan barang - barang bekas itu bukan masalah baginya. Saya kali ini berkesempatan mengunjungi lapak milik Pak Bandi. Saat itu hari senin pukul 15.00 wib sosok Pak bandi terlihat sedang sibuk melayani orang yang menjual barang bekas kepadanya.


Perasaan hati saya untuk melanjutkan kunjungannya ke lapak tersebut sedikit ragu, karena takutnya menggangu pekerjaannya yang sedang sibuk - sibuknya. Akhirnya saya memilih tetap masuk ke dalam lapaknya tapi dengan tidak menggangu pekerjaannya. Tujuan saya kesana untuk mewawancarai Pak Bandi selaku pemilik lapak.


Hal yang saya khawatirkan tidak terjadi, ternyata Pa Bandi menerima kedatangan saya dengan Ramah. Sosok Pak Bandi yang sehari harinya menggunakan kaca mata ini memang begitu ramah terhadap siapapun yang datang, termasuk ketika saya datang.Setelah mohon izin minta waktunya untuk mewawancarainya, Saya pun dia ajak untuk masuk kedalam rumahnya sekaligus kantornya.

Tampak Depan Lapak

Lokasinya terbilang besar untuk ukuran bandar barang bekas. Menurut Pak Bandi awalnya Lapaknya ini berdiri sejak Tahun 2005. Lapak ini lebih di kenal dengan sebutan TATU. Dengan di bantu oleh 8 orang karyawannya lapak ini masih bertahan hingga kini di tengah menjamurnya lapak - lapak serupa untuk daerah sekitar Parakan saat. Sekarang lapak ini telah memiliki 3 kendaraan pick up dan 1 truck sebagai alat pendukung usahanya. Jam operasional lapak setiap hari mulai 08.00 - 17.00 wib kecuali minggu tutup.

Berikut barang- barang yang di terima di lapak

Dus

kaleng minuman/ almunium

besi bekas
    Berikut Daftar Harga Per tanggal april 2015
        Nama barang                                     Satuan                                       Harga
1.     Plastik                                                   kg                                           Rp 2.500
2      Kertas                                                                                                   Rp 1.800
3      Besi                                                                                                      Rp 2.500
4      Dus                                                                                                       Rp 1.500
5      Botol Plastik                                                                                         Rp 4.000
6      Gelas plastik                                                                                         Rp 7.000
7      kuningan                                                                                               Rp 30.000

Di tempat ini Pa Bandi mempunyai mesin pencacah plastik sebagai alat dukung usahanya. Sedangkan pelayanan di lapaknya untuk penerimaan barang dengan sistem droping point dan bisa di ambil ke tempat. Rata - rata barang yang datang belum terpisah materialnya, sehingga itulah Pak Bandi memperkerjakan karyawannya untuk sortir barang.

Bagi masyarakat kota Bandung yang akan menjual Barang Bekasnya ke Lapak Tatu bisa datang langsung ke Jalan Parakan Saat Rt 05/11 kel.cisaranten endah kec. arcamanik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar