Senin, 04 Mei 2015

KERAJINAN DARI BUNGKUS ROKOK YANG GO INTERNASIONAL

Kamis Berlalu

Hari jum'at pun tiba, mungkin berkah hari jum'at bagi saya kali ini di antaranya akan bertemu Bapak Enang pemilik work shop Sartika Kreasindo. Sebelumnya saya sempat kemarin hari kamis mengunjungi rumah sekaligus work shop miliknya, namun Bapak Enang sedang tidak ada di tempat dan hanya ada anak serta istrinya ( Ibu Lidia ) yang sedang sakit. Supaya tidak menggangu Bu lidia yang sedang sakit saya putuskan untuk pulang dan akan menemui Pak enang esok harinya.

Berawal dari informasi searching di google saya mulai tahu tempat ini.
Waktu itu suasana bumi panyileukan tampak ramai tepatnya jam 12. 45 wib, maklum orang - orang baru pulang sholat jum'at. Tepat jam 13.00 saya pergi dari masjid untuk segera bertemu Bapak Enang. Rumahnya tidak jauh dari tempat saya sholat jum'at tadi.

Sartika Kreasindo
Selamat datang di workshop Sartika Kreasindo. Itulah sambutan yang bakal di ucapkan sang pemilik Rumah. Siang itu Bapak Enang nampak sedang makan siang di dalam rumahnya ditemani istri serta anaknya. Benar saja sambutan penuh hangat begitu bertemu beliau. Bapak Enang menyuruh saya untuk duduk di workshopnya sambil menunggu beres makan dan ganti pakaian.

Awal cerita....
Dari ketidaksengajaan seni melipat bungkus rokok menjadi kerajinan yang di pamerkan saat reuni Teman SMAnya Tahun 2011 di banten akan membuat Bu lidia di kenal luas. Hasil dari Belajar sepintas pada Temannya yang di medan kini Bu lidia dan Pak Enang sudah bisa membuat sebuah kerajinan bernilai seni tinggi. Melihat peminat kerajinan ini sangat besar kedua Pasangan suami istri ini mencoba menekuni keahlian barunya. Untuk bisa menyatukan hasil lipatan agar kuat dan kokoh supaya bisa di bentuk menjadi hiasan Pak Enang butuh waktu 2 bulan. Pada awal 2012 lah baru mulai usahanya ini menemukan hasil.

Suami istri ini sangat menekuni usahanya ini. Dimulai saat memberanikan diri mengikuti pameran di sukabumi dan mendapat apresiasi yang cukup tinggi Pak Enang dan Bu lidia sering mengikuti pameran ke pameran untuk mempromosikan hasil karyanya.

Tibalah berita baik datang. PT Djarum Kudus memberikan kabar baik akan membantu pengembangan usahanya seperti bahan baku bungkus rokok yang akan di pasok langsung serta pembangunan workshop di Rumahnya. Dengan di bangunnya workshop ukuran 3 x 3 ini membuat pasangan ini tambah semangat untuk berkarya lewat lipatan bungkus rokok.

Lihat yuk hasil kreasinya
Pas bunga Hias


Miniatur sepeda


Lampu Hias

Dari hasil kerajinan ini namanya semakin di kenal,. Kini workshop tersebut di beri nama Sartika Kreasindo.Bahkan sekarang Pak Enang sering di panggil oleh instansi pemerintah maupun swasta untuk berbagi ilmu keterampilan yang dimilikinya.

Cerita hari itu tampak asyik. Sambil ngobrol - ngobrol santai Pa Enang sedikit memperagakan cara teknik dasar melipat bungkus rokok menjadi sebuah kerajinan. Karyanya ini sudah sampai ke negara asia dan eropa. Bahkan sempat ada orang jerman yang langsung datang ke workshopnya. beliau bercerita juga awal mula karyanya di kenal oleh orang luar negeri karena ada Anaknya yang menjadi Guide di Bali. Anaknya juga membantu untuk mempromosikan produknya. "anak saya juga sekarang lagi di jerman, bulan juni mau pulang kata Pak Enang."

Produk yang di hasilkan Sartika Kreasindo di antaranya:
Guci
Pot bunga
Tempat pensil
Hantaran
Tas kulit
Tempat  tisu
Pigura
Lampu kamar

Bagi yang ingin belajar kerajinan dari bungkus rokok. Beliau sangat terbuka lebar
alamat sartika kreasindo
komp.bumi panyileukan G4 NO.23 kel.cipadung kidul kec. panyileukan
BANDUNG






Tidak ada komentar:

Posting Komentar