Senin, 04 Mei 2015

BANK SAMPAH RESIK

Memulai untuk bersih
Memulai untuk teratur
Memulai untuk rapih

Bahasan masalah sampah di negeri ini tidak ada habisnya. Isu lingkungan menjadi topik utama kalo sudah berbicara tentang sampah, tapi bukan hanya di negeri ini di belahan dunia sana pun mengalami hal yang sama. Berbagai solusi di cari untuk mengatasi masalah yang satu ini.

Banyak yang membandingkan antara penanganan sampah di negara saya dan di luar sana,cenderung memandang rendah terhadap penanganan di negeri sendiri. Tapi saya tetap optimis karena masih banyak gerakan gerakan yang akan menyelamatkan negeri ini. Memang butuh proses yang panjang untuk yang satu ini. Upaya pemerintah ada, Gerakan kebaikan dari masyarakat pun ada.

Salah satunya Bank Sampah. Namanya mulai familiar di tengah masyarakat perkotaan dengan kepadatan penduduk yang begitu tinggi. Sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat dengan hadirnya Bank Sampah, di sudut kota Bandung tepatnya di jalan babakan sari 1 no 64 Kiaracondong berdiri Bank sampah yang di Beri nama Bank Sampah " RESIK"

Berawal dari hanya sebuah Tps bagi warga kelurahan Babakan Sari sekarang tempat ini menjadi TPS Terpadu dengan di dukung teknologi Biodegester dan Fasilitas yang cukup mendukung. Kawasan Tps terpadu ini salah satunya Hadir Bank Sampah Resik berkat kerjasama dari PD kebersihan, Pemkot bandung, masyarakat sekitar dan instansi swasta.

Berusaha merubah tampilannya dengan wajah baru Tempat ini sekarang cukup terlihat Menari seperti namanya RESIK

Tampak depan Bank Sampah RESIK
di resmikan pada akhir 2014 oleh bapak walikota Bandung
Dulunya tempat ini terkesan kumuh, kebetulan rumah saya tidak jauh dari situ dan memang menjadi tempat pembuangan sementara sampah di rumah saya juga. Dengan tampilan yang sekarang tempat ini mulai menarik masyarakat untuk berkunjung dan berkegiatan. Salah satunya dengan program berkebun dan menyalurkan barangbekas ato sampahnya ke Bank sampah. Sekarang anggotanya sudah mencapai 1430 anggota. Karena persyaratan untuk bergabung menjadi nasabah cukup mudah hanya membawa ktp.

Kawasan ini di kelola langsung oleh PD Kebersihan Kota bandung
Tujuan dari Bank sampah itu sendiri untuk membantu menangani pengolahan sampah. selain itu juga untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapih, dan bersih.
Manfaat bank sampah
1. Membuat lingkungan lebih bersih
2. Menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan
3. Membuat sampah jadi barang ekonomis
4. Menambah penghasilan masyarakat

Beberapa barang yang di terima di Bank sampah Resik diantaranya:
kresek
kardus
plastik
emberan
kaleng
btol beling
botol plastik
gelas air mineral

Kerennya di sini ada hasil kerajinan dari Darma Wanita contohnya seperti ini

miniatur perahu dari stearofoam

hiasan kembang dari koran dan bungkus sachetan
Bagi masyarakat yang tertarik untuk bergabung menjadi bisa datang langsung ke alamat
jalan babakan sari 1 no 64 kel. babakan sari kec. kiaracondong
jam operasional senin - sabtu ( 08.30 - 14.00 )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar