Jumat, 06 Februari 2015

Bertemu My Darling ( masyarakat sadar lingkungan )

Haloo kawan, teman , sahabat, saudara atau siapapun itu.
sekarang udah tanggal 1 februari 2015 tepatnya hari minggu nih.hari ini juga saya mulai aktif sebagai detektif bebas sampah id. setelah kemarin ikut rangkaian orientasi di markasnya YPBB tepatnya di jalan sidomulyo, Bandung.
Sebelum cerita ke tugas awal sebagai detektif nama kerennya sebenarnya sih surveyor kalo di proposal kata ka Tian. hehe
hari sabtu kemarin baru saja ada acara orientasi dan pengarahan tentang program bebas sampah id yang di ikuti sekitar 20 detektif. Dengan semangat para panitia acara sampai Pemberi materi membuat kawan- kawan detektif terus termotivasi untuk mewujudkan bandung bebas sampah , tapi mudah mudahan indonesia juga bersih dari sampah sih....meski perlu waktu...tapi jangan menyerah.
di akhir acara saya di beri kesempatan memilih partner untuk survey ke lapangan besok hari.pada saat itu detektif nanda yang pertama mengajukan untuk bekerja sama,dengan senang hati saya katakan yessss.
pemilihan lokasi pun di serahkan kepada saya karena detektif nanda harus pergi ke acara lain, ya sudah saya pilih eehhh ternyata eh ternyata lokasi yang ada di list ada yang dekat rumah dan jauh pun ada. nih yang menarik perhatian saya yaitu ada lokasi pengkomposan di jalan cibangkong. bukankah tempat itu yang pernah masuk tv dan media cetak,sudah terkenal tempatnya yang pastinya.tanpa nama lokasi yang lengkap serta nomer kontak yang jelas tidak meyurutkan rasa penasaran saya dan detektif nanda untuk datang kesana. akhirnya opsi pertama memilih lokasi tersebut untuk dikunjungi.
udah hari minggu nih, saya dan detektif nanda pun janjian di jalan riau untuk melanjutkan tugas pertama sebagai detektif bebas sampah id. ya sudah ceritanya ga usah panjang panjang dulu langsung aja ke tkp hehe. sampailah di jalan warta daerah sekitaran jalan gatot subroto tepatnya belakang gedung TSM ( Trans Studio Mall). untuk menuju lokasi yang di tuju tidaklah mudah harus melewati gang dan pasar kaget mingguan. di situ petunjuk menuju pengkomposan sampah itu mulai terbuka, karena saya dan nanda bertanya ke beberapa orang di sekitaran pasar kaget itu. alhasil sampailah ke lokasi tersebut.senang pun hinggap karena baru pertama kali saya ke daerah ini dan sau lagi yang membuat saya senang ternyata nama tempat tersebut MY DARLING nama yang sudah tidak asing lagi bagi warga bandung


 alamat RT 01 RW 11kel. cibangkong kec. batununggal

   ini belum cukup bagi saya dan detektif nanda untuk mengetahui lebih jauh asal mula tempat ini.
bergegaslah saya pun pergi menuju menuju rumah pa suwardiman nama yang tertera di list lokasi yang di berikan kepada saya.beliau sebagai pengelola di tempat tersebut. namun sampai di sana sosok yang saya harapkan belum terlihat. saya pun berinisiatif bertanya kembali ke warga sekitar, ternyata beliau sudah lama berhenti sebagai pengelola. menurut keterangan warga sekarang tempat tersebut di kelola oleh pa anton sambil menunjukan alamat rumah beliau.akhirnya saya sampai di rumah pa anton disambut dengan penuh hangat oleh keluarga sederhana ini, rasa kagum sudah muncul di benak saya kepada keluarga ini. pajangan beberapa penghargaan dan photo sang pemilik rumah bersama beberapa pejabat berjajar rapih di tembok rumahnya.saya dan detektif nanda di terima oleh sang pemilik rumah dengan baik pa anton mempersilahkan saya duduk dan berkenalan dengan beliau, istri pa anton yang sedang masak pun menerima kedatangan saya dengan baik.di sinilah mulai perbincangan saya dengan istri pa anton ( bu dewi) ternyata saya seperti pernah lihat sosok beliau di acara kick andy dan televisi lainnya. seperti tidak percaya saya bisa betemu dengan pahlawan lingkungan perempuan seperti beliau. bagiku beliau adalah pahlawan.tidak lupa beliau pun memberi jamuan kepada tamunya dengan sangat istimewa dengan memberi saya minum teh.cocok di minum saat siang hari begini.. hehe.
obrolan santai pun mengalir mulai dari asal usul tempat beliau tinggal hingga kerjaan mulia yang sedang di jalaninya.beliau dan warga sekitarnya tinggal dengan cara sewa tanah pada pemilik lahan, kecuali tempat pengkomposan itu hasil kebijaksanaan sang pemilik tanah dengan memberi pinjam tanahnya untuk kemaslahatan warga sekitar. ternyata kerja keras bu dewi bukan tanpa tantangan, untuk menyadarkan warga berhenti membuang sampah sembarangan tidak mudah kata bu dewi.
pa anton bekerja sebagai pegawai yang mengambil sampah warga tiap hari salah satu dari 2 yang ada. sebelumnya ada 3. satu lagi kata pa anton sakit terserang penyakit herpes.semakin berat beban pengangkut sampah di kawasan ini.permasalahan sampah di sini kata bu dewi banyak tantangannya salah satunya kalau hari libur tempat pengelolaan sampah. warga membuang sampah kembali kepada kebiasaan lama yang tidak baik(sembarangan).karena operasional tempat ini dari pukul 07.00-13.00 wib kadang sampai jam 3 sore juga.sebelum pengelolaan menggunakan biodegester di tempat ini pengolahan sampahnya dengan sistem kompos manual. namun semenjak mendapatkan CSR dari perusahaan swasta yang bekerja sama dengan salah satu perguruan tinggi yang ada di bandung. pengolahannya di ganti menggunakan biodegester. dan nama yang terpajang di tempat itu pun ada perubahan menjadi Biomethagreen " My Darling" ( masyarakat sadar lingkungan ) yang di gagas oleh bu dewi dan rekan rekannya. selain itu tempat ini juga menjadi percontohan cara pengolahan sampah bagi daerah disekitar kota bandung. banyak yang di hasilkan dari komunitas ini. nanti saya lanjut ceritanya ya

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar