Senin, 06 Juli 2015

PERKENALKAN BANK SAMPAH KE WARGA JANGAN BERHENTI !

Masih mengangkat isu sampah, seperti tidak ada habisnya. Sekarang saya akan berkunjung ke kawasan padat penduduk , di sekitaran kelurahan Padasuka. Banyaknya gang yang harus saya lewati sempat membuat sedikit pusing dengan perjalanan kali ini, sesekali bertanya alamat ke warga dan tidak semua warga tahu dengan alamat yang saya tanyakan. Namun hasil dari usaha saya bertanya terjawab ketika saya sampai di tempat pangkalan ojek. Beberapa Orang di sana cukup baik dengan menunjukan alamat yang saya tuju meski tidak langsung tepat pada tempatnya, Setidaknya ada petunjuk yang lebih mendekati bagi saya.


Sampailah di wilayah Rw 10 kel. Padasuka, saya bertemu dengan seorang ibu yang sedang asyik berbincang bincang dengan temannya. Kala itu saya putuskan untuk bertanya kembali untuk mencari alamat yang akan di datangi. Ibu itu dengan baik hati mengantarkan saya sampai depan kediaman bu cucu pengelola bank sampah di wilayah sekepondok. Ternyata sesampainya disana orang yang akan saya wawancara yaitu bu cucu sedang tidak ada di rumah. Informasi itu saya dapat dari Bapak Ketua Rw 11 yang rumahnya tepat di depan rumah bu cucu. Pak Rw lalu menanykan maksud kedatangan saya, setelah di jelaskan beliau akhirnya mengantarkan saya ke rumah salah satu pengurus bank sampah di wilayahnya.

 Rumahnya tidak jauh dari Ruang serba guna Rw 11, ketika itu yang saya kunjungi ternyata benda hara bank sampah. Alhamdulillah saya di terima sebagai tamu oleh beliau, dengan terlihat sedikit wajah tegang dengan kedatangan saya. Akhirnya wajah ibu itu kembali terlihat tenang setelah saya menjelaskan maksud dari kedatangan saya ke rumahnya. Beberapa data mulai ibu itu berikan kepada saya, mulai dari hal kecil sampai curhatannya sebagai salah satu pengurus bank sampah. Menurutnya Bank sampah di sini di beri nama Bank sampah sega mandiri yang di ambil dari nama wilayahnya sekepondok tiga ( sega ). Tempat yang biasa di pakai untuk mengelola bank sampahnya masih menggunakan Ruang serba guna Rw 11 yang berlokasi di jl. Cikutra Gg. sekepondo tiga Rt 07/11 Kel. Padasuka kec. Cibeunying kidul Kota Bandung.


Tampak depan Bank sampah sega Mandiri
Di sinilah awal berdiri nya Bank Sampah Sega Mandiri, Ibu ibu Pkk sebagai penggerak tercetusnya Bank sampah di sana sampai sekarang tetap semangat memberikan informasi terkait kegiatannya, meski masih banyak warga yang belum mengerti apa itu Bank sampah. Namun usaha ibu ibu di sana pantang menyerah untuk terus menjalankan keberadaan bank sampahnya. Sekarang di bulan juni 2015 nasabahnya sudah mencapai 40 orang, padahal awalnya lebih dari itu. Tidak sampai disitu kendala yang di hadapi Bank Sampah Sega Mandiri dengan belum adanya bantuan dari pihak luar membuat sebagian pengurus di sana satu persatu angkat kaki dan memilih tidak terlalu aktif. Padahal awal terbentuknya Bank sampah ini dari kegiatan bersih bersih warga yang sampahnya di jual ke pengepul. Harapan muncul dari pengurus yang masih aktif yaitu adanya bantuan mau berbentuk apapun itu supaya warga kembali tertarik bergabung. Tapi bukan berdirinya bank sampah ini bukan sekadar mencari nasabah sebanyak banyaknya melainkan untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya.

Sayang saat kedatangan saya ke sana sudah tidak terlihat barang barang yang di tampung di ruang Serba guna tersebut. Menurut informasi dari ibu benda hara barang barangnya baru saja di jual ke pengepul dan kegiatan untuk setor sampah di hentikan sementara karena ada renovasi Ruang serba Guna. Pantas saja saat saya kesan tidak tampak tanda yang menunjukan keberadaan bank sampahnya. Biasanya kalau hari jumat dan minggu pukul 09.00 - 11.00 wib tempat ini ramai oleh nasabah yang setor sampahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar