Senin, 06 Juli 2015

BERKARYA DENGAN BANK SAMPAH

Baru saja di bentuk sekitar tiga bulan yang lalu, tepatnya di awal tahun 2015. Bank sampah yang namanya di ambil dari nama sebuah daun yang bernama teratai. Kini di kota Bandung bertambah satu lagi bank sampah. Meski berlokasi di gang sempit tidak membuat warganya  rendah diri. Waktu saya berkesempatan berkunjung ke tempatnya yang berlokasi di jl.babakan andir no.45/208 B RT 05/02 kel.padasuka kec.cibeunying kidul Kota Bandung. Saya awalnya kebingungan dengan lokasinya, tapi berkat nanya kepada seorang bapak yang sedang mengecat kantor serba guna saat itu, Alhasil saya bisa bertemu dengan Ibu H lilis heryani sebagai ketua bank sampah teratai.

Ternyata beliau adalah istri dari bapak yang tadi saya sempat nanya alamat. Jalan saya untuk berkunjung ke tempatnya sepertinya di berikan kemudahan. Bertempat di rumah pribadinya ibu H. Lilis mulai bercerita. " Disinilah tempat ibu mengelola bank sampah teratai.Di bantu oleh 10 orang teman ibu ",ujarnya.

waktu pertama kali mendengar kata bank sampah warga di babakan andir belum semuanya tahu.Di bantu oleh Pak sugiri selaku penasihat  bank sampah teratai ,kini beberapa warga mulai familiar dengan nama itu.
inilah suasana di Bank sampah teratai

Bank sampah teratai sudah dilengkapi Biodegester

Barang hasil setoran warga



Sekarang ibu ibu Pkk di sini selain melakukan gerakan pungut sampah (gps) di setiap hari jumat pagi juga beramai ramai memilah sampah  hasil setoran warga ke bank sampah teratai. Waktunya dari pukul 07.00 - 11.30 wib. Nasabah yang terdaftar sampai bulan juni 2015 tercatat sudah mencapai 20 orang.Barang yang biasa di setor warga disini baru gelas plastik air mineral dan dus.Semua barang hasil setoran di tampung di rumah pribadi Ibu H Lilis. Untuk hasil tabungan warga disini bisa di ambil kapan saja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar