Senin, 06 Juli 2015

BERJUANG LEWAT BANK SAMPAH

Keindahan dan kebersihan adalah dambaan bagi setiap orang. Sebenarnya banyak yang ingin merasakan hal itu. Namun entah mengapa, pemandangan itu nampaknya hanya terlihat di sebagian kecil tempat di negeri ini. Sampah menjadi hal utama yang menjadi topik pembicaraan dimana mana saat ini.


Hari kamis tepatnya pukul 11.54 wib. Saya baru saja sampai di wilayah kelurahan Padasuka Kota Bandung.Setelah berkeliling sekitar 15 menit, akhirnya saya menemukan rumah Bu Yeyet. Beliau adalah pengelola Bank sampah di Rw 13. Waktu itu saya bertemu seorang Bapak yang sedang mengerjakan sablon baju, tepatnya di samping rumah Bu Yeyet. Ternyata Beliau adalah suami dari Bu Yeyet sekaligus pencetus Bank sampah di Rw 13.


Seperti biasanya kebanyakan tuan rumah akan mempersilahkan masuk kedalam rumahnya. Begitupun dengan Beliau, meski sedang sibuk masih mau meneyempatkan waktunya menjamu saya. Kebetulan hari itu Bu Yeyet sedang tidak ada di rumah, jadi yang menerima saat itu suaminya. Obrolan itu pun di mulai seperti biasanya dengan memperkenalkan diri saya terlebih dahulu serta maksud kedatangannya ke rumah Bu Yeyet. Nampaknya suami bu Yeyet cukup antusias setelah mendengarkan maksud saya datang kerumahnya.


Sambil duduk kami pun awalnya berbincang tentang kondisi di Rw 13. Seperti kebanyakan daerah lainnya di sana pun isu lingkungan menjadi hal yang sering di bicarakan. Karena melihat kondisi wilayahnya yang di apit  sungai kecil dan sungai besar, Sampah masih bisa terlihat di sepanjang aliran sungai di sana, bahkan terbilang sudah seperti pemandangan yang biasa.

Awalnya pada tahun 2012, Sebagai ketua Rt 07 di lingkungannya, Pa yoyo memberanikan diri mendirikan bank sampah yang saat itu namanya itu belum booming seperti sekarang ini. Bersama warga yang biasa bersih bersih lingkungan, akhirnya impian itu terwujud mulai dengan datangnya respon positif yang datang dari masyarakat sekitar. Berawal dari iseng iseng Pa yoyo dan warga yang selalu memilah sampah dari rumah tangga, tercetuslah Bank sampah Mandiri 13 yang bermakna Bank sampah yang berdiri sendiri di wilayah Rw 13. Bertempat di kediaman pribadinya biasanya Pengelola bank sampah berkumpul. Namun untuk barang sendiri di simpan di ruang serba guna, sedangkan untuk setiap setoran sampahnya masih menggunakan lahan kosong di dekat rumah Pak Rw 13.

Tempat warga menyetorkan sampahnya

madding bantuan dari Pikiran Rakyat
Tempat yang terbilang tidak terlalu besar ini selalu di jadikan pusat kegiatan Rw 13. Apalagi kalau hari jumat warga biasanya melakukan jumsih atau sekarang kerennya dengan sebutan gerakan pungut sampah. Penerimaan sampah di sini sengaja mengambil hari jumat karena di saat warga sedang kumpul. Dari sinilah terbentuknya kesadaran warga dan informasi tentang bank sampah sering di gaungkan kepada warga. Biasanya warga berkumpul untuk setor sampah dari pukul 07.30 - 11. 30 wib, dan warga pun membantu untuk memilah sampahnya.

Kesungguhan Pa yoyo memperjuangkan kebersihan lingkungannya cukup membangunkan hati warga sekitar, meski tidak semuanya warga merespon kegiatan positif yang di lakukan beliau. Semangatnya masih terus ada, salah satunya beliau membuatkan kaos bagi pengelola serta nasabah Bank sampah yang di berikan secara cuma cuma dengan merogoh uang pribadinya. Keinginan beliau melihat lingkungannya bersih terus di upayakan bersama warga lainnya. Sekarang hasil dari bank sampah di sana selain di bagikan uangnya bagi warga yang sudah mempunyai tabungan hasil dari sampahnya, Pa yoyo juga telah memberangkatkan nasabahnya wisata sebanyak 2 kali ke Pantai Pangandaran. Semuanya itu hasil dari tabungan warga yang beliau kelola. Sekarang pengelolaannya di serahkan kepada Bu Yeyet selaku istri beliau.

Banyak harapan yang di sampaikan Pa yoyo seperti ingin adanya bantuan alat pencacah plastik, mesin press supaya bisa memberikan nilai lebih bagi sampah yang di kumpulkan warga serta dapat memberdayakan warga. Bagi siapapun yang ingin menjadi nasabah di sana terbuka bagi siapapun untuk bergabung menjadi anggota dengan datang langsung ke Alamat sekertariat bank sampah Mandiri Berada di Jl. Babakan H. Tamim 8 no 1 Rt 07/13 kel. padasuka Kec. cibeunying kidul Kota Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar